Sabtu, 22 Mei 2010

keunikan hidup versi saya

okey sekarang gw bakal ngejelasin tentang keanehan hidup, versi satriditya tentunya. gw ngerti pasti bakal banyak orang yang kurang setuju, tapi inilah versi gw, satriditya.

sebelumnya gw udah pernah dibahas tentang keanehan hidup (di tumblr), versi pertama tentang betapa cepatnya waktu ketika kita sedang menikmati momen yang luar biasa, dan terbaliknya antara harapan dan kenyataan.

sekarang gw pengen ngebahas tentang... apa yang gw rasain sekarang. rasa dimana kita terkadang dalam posisi 'terlalu senang, terlalu antusias, terlalu bersemangat' akan suatu hal. nah dalam posisi itu, jika kita tidak bisa me-manage perasaan itu, yang akan terjadi berikutnya adalah suatu kejatuhan. suatu kesalahan besar, karena sebelumnya kita merasa di dalam posisi 'selalu benar' dan saat akan melakukan sesuatu kita beranggapan 'pasti bener lagi nih', ternyata yang terjadi malah kesalahan. suatu kesalahan besar yang secara otomatis mampu merubuhkan mood kita secara instan. instant killer, istilahnya. di situ kita merasa.. apa yah? susah dideskripsikan, seperti "sesuatu yang sudah mencapai puncaknya" lalu lama kelamaan kita kembali seperti biasa, secara perlahan-lahan. (maaf jika sulit dimengerti namun inilah apa yang gw rasain)

disini kita dituntut untuk memiliki Emotional Management yang baik, sangat baik malah, agar kita tidak mengalami hal seperti itu. saya biasanya bakal mengeluarkan kata seperti "harus bisa mengatur antara kebahagiaan yang berlebihan dengan kesedihan yang berlebihan", "please yah dit dijaga emosinya jangan kesenengan jangan kebetean -,-" dan "ayolaah jangan kesenengaan tar jatoh lagi". and you know what? sometimes, it doesn't work at all. tetep ajah bakal terbawa suasana, sampai nanti masuk ke proses 'jatuh'-nya. apa memang ini sudah ditakdirkan yah?

tapi gw yakin jika kita bisa menguasai teknik 'Emotional Management', pasti kita bisa - minimal - meminimalisir kemungkinan terjadinya kejatuhan ini. karena jika kita berada di posisi 'jatuh' ini, kita sudah habis, istilahnya. mau ngapa-ngapain takut salah, mood ambruk, kita ngerasa orang lain di sekitar kita ngomongin hal yang buruk tentang kita, dll.

the question is : jika kita sudah jatuh (konteks 'jatuh' ini bukan hanya tentang yang dibahas di atas, tapi semuanya), bagaimana kita mencari solusinya? satu kata, TENANG. jangan panik, tarik nafas, biarkan oksigen masuk ke otak kita, menyegarkan otak agar mendapatkan suasana baru, biarkan secara perlahan-lahan menghilang. jangan melakukan sesuatu dulu karena bisa saja memperburuk keadaan. jadilah manusia yang cool, tenang. tundukkan kepala, jangan banyak bicara, lakukan semaksimal mungkin. *suka bangeeeeet sama kata-kata itu hahay >_<*

solusi yang di atas adalah jika kita berada di lokasi, di TKP. jika kita tidak sedang berada di TKP, punya waktu banyak untuk berpikir, apa yang harus dilakukan? tergantung orangnya, kembali ke diri kita masing-masing. solusi yang paling umum adalah : denger musik, minum air putih, lakukan yang kita suka (baca : pasang headset, denger lagu Glee Cast sambil blogging, ditemani se-tupperware *ya, se-tupperware!* air dingin. sangat membantu, jadi cobalah! haha)

okay finish, kalo ke konteks diri sendiri sih, gw YAKIN belum sepenuhnya punya 'Emotional Management' yang bagus, tapi gw bakal selalu berusaha, karena akhir-akhir ini banyak kejadian yang bisa membuat gw semakin kuat. so, i have to be semangat! CAYOOO!!!

(proses posting blog ini ditemani oleh lagu-lagu Glee Cast, kurang lebih 18lagu dilalap dengan rakus.haha -,-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar