Sabtu, 03 September 2011

Energy xD

Entah ada angin apa saya jadi bersemangat gini untuk ngeblog haha mungkin karena, em, 'hal pribadi yang tak perlu saya tulis disini' seperti yang ada di post sebelumnya, but never mind, let's do it!

Akhir-akhir ini, udah lama juga sih sebenernya, saya kepancing sama salah satu yang ada di timeline Plurk saya, yang setiap hari terkadang update tentang berbagai topik tentang sains. Dan saya jadi terpancing, kok saya engga? Karena merasa kalah, atau apalah, haha, saya juga mencoba mencari topik tentang sains. Tapi tidak jauh-jauh dengan passion dan minat saya...

Energi. Lebih spesifik, energi dalam bidang otomotif. Tantangan untuk menciptakan, alih-alih menemukan, energi terbarukan untuk industri otomotif yang bersih, efisien, ramah lingkungan, bisa diandalkan, tidak rumit, perawatan mudah dan murah.

Walaupun saya masih sangat awam dan baru, dan mungkin masih dalam tahap tertarik, saya baru mengenal kulit luarnya saja. Tapi memang ada beberapa yang secara 'kasar' saya mengerti. Saat ini ilmuwan dalam industri otomotif telah menemukan banyak macam, tapi dalam cakupan pengetahuan saya yang masih awam, saya baru membaginya dalam tiga macam : hybrid, electric car, dan hydrogen fuel-cell

Dari ketiga macam diatas, saya paling tertarik, sejauh ini, dengan hydrogen fuel-cell. Karena kalau hybrid, basically masih menggunakan bahan bakar fosil yang digabungkan dengan mesin listrik, dan tujuannya masih 'meminimalisir penggunaan bahan bakar fosil'. Kalau electric car, masih ada beberapa isu tentang jarak tempuh atau range yang terbatas, proses charging yang masih memakan waktu yang lama, dan sumber listriknya itu sendiri - yang biasa kita temukan di rumah, namanya 'colokan' - kan sumbernya dari bahan bakar fosil juga.

Namun, hydrogen fuel-cell, salah satu contohnya ada di Honda FCX Clarity, menggunakan bahan bakar hidrogen cair bertekanan yang dalam pengisiannya praktis, seperti kita mengisi bensin di pom bensin biasa, dan memberikan jarak tempuh lebih baik, dan tentu saja menggunakan bahan bakar baru yang ketersediannya melimpah di muka bumi, dan hanya beremisikan, air murni!

Ini sekilas review salah satu mobil hydrogen fuel-cell, Honda FCX Clarity, oleh Top Gear.



Memang, yang saya tuliskan semua ini hanyalah "kasar" dan masih kulit luar semata, karena saya belum mengkajinya lebih dalam lagi. Saya sempat melihat ada komentar negatif tentang mobil berbahan bakar hydrogen fuel-cell, dan ternyata banyak! Tapi saya masih belum tahu kenapa. Yang pasti ini yang akan menjadi project sains saya dan akan saya pelajari. Dan tidak menutup kemungkinan energi alternatif lain lho. Bisa saja nanti kita akan menemukan mobil berbahan-bakar kotoran kita sendiri. Haha tapi bisa saja kan, selama beberapa belas tahun kedepan teknologi akan semakin maju, dan di masa depan nanti banyak ilmuwan yang akan meneliti dalam bidang pencarian energi terbarukan ini, dan saya harap, salah satu dari mereka, adalah saya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar